Like fanpage Info Sukoharjo

12 January 2016

Menelusuri Jejak Sejarah Candi Sirih Sukoharjo

Tahukah Sahabat Info bahwa di Kampung Kersan Rt 2 / 8 Desa Karanganyar Weru Sukoharjo terdapat sebuah candi yang disebut Candi Sirih?
Saat berkunjung ke lokasi Admin bertemu dengan beberapa masyarakat sekitar, salah satunya Ketua Rt setempat yang sudah menjabat selama 35 tahun, menurut informasi Beliau tidak ada warga yang tau sejarah dari candi dengan ukuran yang nampak dimuka tanah kurang lebih 7 x 7 meter tersebut, namun diperkirakan ukuran candi tersebut lebih besar pada masa berdirinya candi, penyebutan Candi Sirih pun juga sudah dimasa salah satu bupati Sukoharjo yang saat itu berkunjung ke loksasi Candi, "Yo wis diarani Candi Sirih wae" sebut Beliau menirukan penyampaian Bupati pada saat itu kepada Beliau langsung. sebelumnya juga telah ada Tim BCB yang mengecek ke lokasi namun juga sulit menelusuri jejak sejarah Candi Sirih, dengan telah adanya Tim BCB yang datang namun tidak memasang plakat tanda BCB menunjukkan bahwa masih meragukan untuk menetapkan Candi Sirih sebagai bagian dari Benda Cagar Budaya. robohnya candi juga terjadi belum lama, sebelumnya dinding bagian belakang candi ini masih berdiri kokoh, namun sekarang sudah berantakan dan menjadi perkebunan jagung. Beliau juga menerangkan bahwa sebelumnya lahan Candi Sirih adalah milik perseorangan, dan kini telah di wakafkan untuk pembangunan Asrama Panti Asuhan Yatim Piatu "Baitiy Makmur Sukoharjo" lengkap dengan Masjid.
Begitulah penelusuran Admin Info Sukoharjo untuk menelusuri jejak sejarah Candi Sirih, barangkali dari Sahabat Info ada yang mengetahui sejarahnya bisa ditambahkan,
Semoga meskipun tidak ada jejak sejarahnya pihak yang berwenang dalam pelestarian BCB dapat bertindak mencegah candi semakin rusak dan semakin banyak ornamen candi yang hilang.
 
 

1 comment:

  1. Candi Sirih Sukoharjo memiliki sejarah yang perlu untuk diketahui. Candi ini terletak di desa Karanganyar Weru Sukoharjo tepatnya di kampung Kersan Rt 2 Rw 8. Terima kasih untuk informasinya mengenai jejak sejarah Candi Sirih Sukoharjo

    ReplyDelete

Masukan Kritik dan Saran anda akan bermanfaat bagi kami.